Skip to content

Gampang dan Enak! 5 Cara Alami Mengobati Sariawan Pada Ibu Hamil

Posted in Kesehatan

Sariawan yang terjadi akibat kurangnya vitamin memang sangat mengganggu, apalagi bagi ibu hamil. Pada masa kehamilan, sariawan biasanya diakibatkan oleh perubahan hormon. Meski sariawan wajar saja terjadi dan terdengar sepele, namun mengobati sariawan selama kehamilan tidak bisa dilakukan sembarangan.

Mengatasi sariawan bagi ibu hamil

Selain berkonsultasi pada dokter dan meminum obat sesuai resep, Anda juga bisa lho mengobati sariawan dengan sangat mudah dan bisa dilakukan di rumah. Berikut ada berbagai cara mengatasi sariawan secara alami tanpa efek samping bagi ibu hamil:

1.     Daun Jambu Biji

Meski lebih terkenal khasiatnya dalam mengatasi diare, tapi ternyata daun jambu biji juga bisa lho untuk mengobati sariawan. Dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi, Anda bisa menggunakan daun jambu biji sebagai alternatif pengobatan sariawan.

Cukup mengunyah daun jambu biji tersebut, akan membantu mengobati sariawan pada gusi dan mulut serta menjaga kesehatan gigi. Oh ya, daun bijinya sebaiknya jangan ditelan, ya.

2.     Berkumur Dengan Air Garam

Selain menjadi bumbu wajib saat memasak, garam juga bisa menjadi obat alami sariawan pada ibu hamil. Selain praktis dan mudah didapat, air garam dipercaya bisa mengatasi sariawan karena mengandung yodium serta natrium chloride yang berperan dalam membasmi bakteri jahat yang terdapat dalam rongga mulut.

Cara mengobati sariawan selama kehamilan dengan air garam sangatlah mudah. Campurkan garam sebanyak setengah sendok teh dengan 250 ml air hangat (ukuran gelas sedang). Setelah itu gunakan larutan air garam tersebut untuk berkumur selama 30 detik atau lebih.

3.     Minum Air Kelapa

Panas dalam juga menjadi salah satu penyebab sariawan. Oleh karena itu, Anda bisa mengobati sariawan seperti cara mengobati panas dalam, yaitu dengan meminum air kelapa. Kandungan elektrolit pada air kelapa selain mengatasi sariawan juga sangat baik lho untuk ibu hamil karena bisa untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

4.     Berkumur Dengan Teh

Manfaat teh memang sangatlah banyak untuk kesehatan. Namun untuk mengobati sariawan Anda memerlukan teh chamomile sebagai obat kumur. Teh chamomile ini dipercaya bisa mengobati sariawan pada ibu hamil karena mengandung levomenol dan azulene.

Selain menggunakan seduhan teh hangat sebagai obat kumur, ibu hamil juga bisa menjadikan kantung teh chamomile untuk mengompres daerah yang terkena sariawan. Lakukan pengobatan dengan teh chamomile sebanyak 3 atau 4 kali setiap harinya hingga sariawan tersebut hilang.

5.     Konsumsi Buah-buahan

Mungkin cara mengatasi sariawan ini paling banyak diminati karena merupakan ”obat paling enak”. Anda bisa menggunakan pisang yang dicampur dengan madu ataupun rajin mengonsumsi buah jeruk jika mengalami sariawan selama masa kehamilan.

Jika Anda tidak menggunakan cara mengobati sariawan selama kehamilan di atas karena mual dan sebab lainnya, Anda bisa menggunakan es batu untuk mengompres daerah yang mengalami sariawan. Namun tetap lakukan dengan hati-hati dan jangan sembarangan mengobati dengan obat tanpa resep ya. Anda juga bisa membaca artikel seks dan pernikahan terutama bagi anda pasangan muda. Salam sehat!