Skip to content

Muda dan Lajang, Lebih Butuh Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa? 

Posted in Kesehatan

Banyak anak muda yang sudah lebih sadar akan kebutuhan finansial mereka termasuk berasuransi. Namun, banyak dari mereka yang masih bingung memilih jenis asuransi yang tepat sesuai kebutuhan mereka.

Misalnya saja, apakah seorang anak muda yang lajang lebih memerlukan asuransi kesehatan atau asuransi jiwa? Ada beberapa orang yang berpendapat asuransi jiwa lebih penting, namun yang lainnya beranggapan bahwa asuransi kesehatan lah yang lebih penting.

Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita ulas sedikit  manfaat dari masing-masing jenis asuransi agar kamu bisa memilih asuransi yang memang kamu butuhkan.

Asuransi Jiwa 

Manfaat dari produk asuransi jiwa akan lebih terasa oleh keluarga. Hal ini disebabkan karena manfaat asuransi jiwa berupa uang santunan tunai akan diberikan ketika pihak yang diasuransikan mengalami risiko meninggal dunia.

Pada umumnya, asuransi jiwa lebih dibutuhkan bagi mereka yang yang sudah mempunyai keluarga dan menjadi pencari nafkah utama. Dengan demikian, jika terjadi sesuatu pada mereka, keluarga masih mempunyai sumber penghasilan dari santunan tunai yang diberikan asuransi.

Namun, pada kasus dimana kamu masih lajang, kamu mungkin akan membutuhkan asuransi jiwa bila kamu adalah pencari nafkah utama keluarga. Misalnya, orang tua sudah tidak berpenghasilan, serta kamu masih harus membiayai pendidikan dan kebutuhan adik-adik. Atau kamu perlu membiayai pengobatan orang tua yang sudah tidak bekerja.

Karena itu, sebelum membeli asuransi jiwa, kamu perlu mempertimbangkan apakah keluarga kamu membutuhkan manfaat asuransi jiwa, serta memilih jenis asuransi jiwa yang tepat untuk kamu.

Asuransi Kesehatan 

Berbeda dengan asuransi jiwa, manfaat asuransi kesehatan bisa kamu rasakan secara langsung,  terutama ketika kamu sedang jatuh sakit. Biasanya manfaat asuransi kesehatan berupa penggantian biaya tagihan rumah sakit.

Tentunya manfaat ini berbeda-beda tergantung jenis asuransi kesehatan yang ditawarkan. Ada yang memberikan manfaat khusus rawat inap, ada yang untuk rawat jalan, bahkan ada yang yang memberikan manfaat pemeriksaan medis.

Semakin lengkap manfaat asuransi kesehatan nya, maka akan semakin tinggi premi yang ditagihkan ke kamu perbulannya. Karena itu, pastikan kamu mencari asuransi kesehatan yang manfaatnya sesuai kebutuhan kamu, serta preminya juga sesuai dengan kesanggupan kamu.

Asuransi Kesehatan atau Jiwa? 

Mengingat kembali produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, keduanya sama-sama penting dengan manfaat yang berbeda. Karena itu, untuk mengetahui jenis asuransi yang lebih tepat untuk kamu sebagai anak muda yang lajang, kamu perlu  merefleksikan lagi kebutuhan kamu.

Berikut pertanyaan yang dapat membantu kamu memilih jenis asuransi yang tepat:

  • Apakah kamu sudah memiliki dana darurat? Sebelum memilih produk asuransi, pastikan kamu sudah mempunyai alokasi dana darurat sebesar 3 sampai 6 kali pengeluaran bulanan kamu.
  • Berapa dana yang bisa kamu alokasikan untuk asuransi?  Akan lebih baik jika kamu sama-sama mempunyai asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Namun, tidak semua orang sanggup membayar premi kedua asuransi tersebut. Kamu pun perlu mengevaluasi berapa banyak dana yang bisa kamu alokasikan.
  • Apakah kamu rajin melakukan pemeriksaan medis, sering menjalani perawatan konsultasi ke dokter, atau  sering jatuh sakit dan harus diopname?  Jika ya, kemungkinan asuransi kesehatan lebih penting untuk kamu.
  • Apakah kamu sudah menjadi pencari nafkah utama keluarga? Jika ya, kemungkinan asuransi jiwa lebih penting untuk keluarga kamu.

Semoga dengan adanya ulasan artikel ini, kamu bisa jadi lebih mengerti jenis asuransi apa apa yang kamu butuhkan walau masih muda dan lajang.